Gejala dan Penyebab Lutut Nyeri Kaku

Gejala dan penyebab lutut nyeri atau kaku. Kapuran di lutut salah satu tanda terjadi osteoarthritis . Osteoartritis (OA) dikenal sebagai arthritis degenerative, gangguan terjadi sesui bertambah usia, terutama pada sendi penopang berat badan, seperti lutut, panggul. Tak jarang terjadi juga pada tangan dan kaki.

Gejala Nyeri Kaku Lutut

Penyebab


1. Usia dan genetik merupakan faktor resiko terjadi OA.Rawan sendi menipis. Rawan sendi  menipis menyebab gesek antar tulang menimbulkan nyeri dan terbatas gerak lutut. Gerak berulang sendi lutut bertahun-tahun mengiritasi dan penyebab peradangan.

2. Tulang rawan radang pemicu terjadi pertumbuhan tulang tidak pada tempatnya, yaitu sekitar sendi. OA juga sering ditemukan pada  beberapa orang dalam satu keluarga, sehingga faktor keturunan termasuk dalam hal ini.

3. Hal lain merupakan faktor resiko, mencakup kegemukan, jenis kelamin (perempuan cenderung lebih banyak terjadi ), trauma,  lemah otot, sendi tidak stabil. Orang obesitas cenderung mengalami OA lutut.

4. Sepatu terlalu tinggi, sempit, berat, alas sepatu keras dan kurang lentur dapat juga menjadi penyebab nyeri lutut.

Gejala


1. Nyeri dan kaku merupakan hal sering dikeluhkan. Nyeri sendi  biasanya bersifat tumpul, beda dengan nyeri tajam menusuk. Waktu periksa sampaikan dengan jelas pada dokter sifat nyeri. Berbeda akan memberikan diagnosa berbeda pula. contoh;  Nyeri   dirasa setelah aktivitas berulang terasa saat istirahat dapat terjadi pada OA berat.

2. Kaku sendi, dirasa seperti diikat, biasanya singkat, tidak lebih dari setengah jam. Nyeri dan kekakuan sendi dapat juga timbul setelah bangun tidur, atau setelah duduk lama.

3. Gejala lain pada OA lutut berupa bengkak, teraba hangat dan bunyi (creaking); bowleg, bila degenerasi tulang rawan sangat progresif, sedangkan bony enlargement sering menyertai terbentuk kapuran.

4. Gejala OA  dirasakan bervariasi antara orang-orang terkena. Beberapa orang jadi “cacat” karena gejala ini. Namun ada juga gejala tidak dramatis, seperti tampilan degenerasi sendi dari foto rotgen. Bahkan nyeri tidak selalu dirasa, seringkali hilang timbul. Tak jarang ada masa hilang nyeri dalam waktu lama dalam hitungan tahun.

Apa saja  yang bisa dilakukan? diantaranya;

Terapi OA lutut dapat menghilangkan nyeri sendi dan menjaga fungsi sendi lutut sesuai dengan fungsi penunjang saat berjalan. Diharapkan tidak ada rasa nyeri serta gangguan akibat kekakuan ataupun keterbatasan.

source:wikimu.com

0 Response to "Gejala dan Penyebab Lutut Nyeri Kaku"

Poskan Komentar