Proses Kehamilan atau Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Calon ibu semestinya tahu Proses Kehamilan atau Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan. Setelah memastikan hamil dari dokter atau memeriksa sendiri tanda awal kehamilan.

Kehamilan Bulan ke 1 atau Minggu ke 4
Pada minggu ini blastokista yang tadinya berbentuk seperti bola mulai berubah menjadi sebuah embrio. Embrio ini dibedakan menjadi 3 jenis lapisan yang nantinya membentuk 3 jenis jaringan, yaitu:

Endoderm: lapisan terdalam yang akan membentuk paru-paru, hati, sistem pencernaan dan pankreas
Mesoderm: lapisan tengah yang akan membentuk tulang, otot, ginjal, pembuluh darah dan jantung
Ektoderm: lapisan terluar yang akan membentuk kulit, rambut, lensa mata, email gigi dan sistem saraf

Keseluruhan sel dalam setiap jaringan akan bergerak mengelilingi untuk menuju tempat masing-masing dan bentuk bakal kepala embrio akan meruncing seperti tetesan air mata.
Kehamilan Minggu 4

Kehamilan Bulan ke 2 atau Minggu ke 8
Janin pada ujung-ujung tubuh sedang berkembang, mulai terbentuk bakal jari tangan dan kaki, sedangkan bakal lengan akan sedikit fleksi (membengkok) pada bagian pergelangan dan siku.

Pada bagian sisi leher nampak bakal telinga luar mulai tumbuh, begitu pula halnya bakal bibir atas dan ujung hidung pada wajahnya. Bakal mata janin masih saling berjauhan satu sama lain, namun bakal kelopak mata mulai terbentuk mengitarinya.

Dalam tubuh janin, usus halus tampak panjang sekali sehingga rongga perut tidak mampu menampung. Beberapa akan menonjol ke tali pusat janin yang disebut hernia (penonjolan) fisiologik.
Kehamilan Minggu 8

Kehamilan Bulan ke 3 atau Minggu ke 12
Mulai dari kepala sampai pantat panjang embrio mencapai 5 cm dan 14 gram beratnya yakni kurang lebih sebesar telur ayam kampung.

Pada bulan-bulan ini alat kelamin mulai tampak, air kencing mulai di produksi, kuku jari-jari tangan terbentuk dengan baik dan mulai dapat menggenggam jari-jarinya,kaki dan tangan sudah besar dan kecil, bibir mulai mengisap-isap, dapat terbuka dan menutup kelopak mata, sudah dapat terlihat hidung dan dagunya, dan sudah terbentuknya wajah
Kehamilan Minggu 12

Kehamilan Bulan ke 4 atau Minggu ke 16
Organ dalam bayi akan terbentuk dan berkembang cepat. Tumbuh kuku pada jari kaki dan tangan. Kerena belum ada lapisan lemak yang ada pada tubuh, maka bayi terlihat kurus. Di seluruh tubuh bayi dan pada akhir bulan rambut halus mulai tumbuh.
Kehamilan Minggu 16

Kehamilan Bulan ke 5 atau Minggu ke 20
Perkembangan bayi terlihat lebih pesat. Panjang mencapai 13 cm. Pada tubuh dan kulitnya dilapisi selaput putih dari yang dia produksi sendiri. Indranya mulai berkembang juga bulu mata, alis dan rambut mulai tumbuh. Bayi dapat menangkap cahaya terang mesti mata terpejam.
Kehamilan Minggu 20

Kehamilan Bulan ke 6 atau Minggu ke 24
Semakin matang sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Tanda sistem pencernaan mulai bekerja adalah bayi dapat mengeluarkan air seni.

Selain itu pada saat istirahat, sang ibu akan dapat merasakan tendangan kaki dan tangan karena ia kini sudah dapat mengontrol gerak tubuhnya. Namun bayi akan tidur jika ada suara yang ramai dan ada gerakan dari sang ibu.
Kehamilan Minggu 24

Kehamilan Bulan ke 7 atau Minggu ke 28
Minimal 1 kali periksakan kehamilan Anda, mengetahui posisi kepala bayi apakah sudah benar atau tidak. Ibu diminta sering nungging merupakan contoh kegiatan yang harus dilakukan dan akan dinasihatkan dalam upaya-upaya yang dapat membetulkan posisi jika persentasi belum benar.
Kehamilan Minggu 28

Kehamilan Bulan ke 8 atau Minggu ke 32
Semakin terkordinasi pada gerakan bayi, dapat merasakan rasa asam dan manis serta juga dapat membuka dan menutup mata. Sekarang mungkin posisi kepala siap lahir yakni pada posisi di bawah. Tapi dapat juga berubah sewaktu-waktu dari posisi ini.
Kehamilan Minggu 32

Kehamilan Bulan ke 9 atau Minggu ke 36
Bayi kini dapat lahir kapan saja karena sudah lengkap terbentuk. 225 gram dari setiap minggunya ia akan bertambah.

Di bawah kulit lapisan lemak tebal mulai berkembang, hal ini bertujuan memberi cadangan energi untuk digunakan pada saat ia keluar dari rahim, selain itu membuat bayi tampak lebih berisi.
Kehamilan Minggu 36

0 Response to "Proses Kehamilan atau Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan"

Poskan Komentar