Gejala Penyebab Nyeri Lutut Orang Dewasa

Gejala Nyeri lutut orang dewasa bisa disebabkan jatuh, keseleo, cidera waktu olahraga. Dianggap kalau cedera ringan maka cukup diurut atau diobati secara tradisional, padahal bila tidak ditangani secara baik dapat menimbulkan penyakit lutut kompleks di kemudian hari, bahkan cacat permanen yang sulit disembuhkan dengan tindakan pembedahan maju sekalipun seperti patah tulang dalam sendi. Ini karena tidak disadari oleh penderita dan umumnya dikira hanya keseleo biasa.

penyebab Nyeri Lutut Orang Dewasa

Kalau diketahui sedini mungkin dengan tindakan bedah sederhana, kelainan-kelainan lutut kompleks ini dapat ditangani secara sempurna. Contoh dengan arthoscopy, dimana kulit hanya dibuka selebar 1 cm (bedah konvesional 15cm), pendarahan minimal dan penderita tak perlu menginap. Kalaupun rawat inap cukup 1 hari saja. Alat ini dapat memperbaiki bagian yang robek juga tumor-tumor jinak pada selaput sendi atau kerusakan tulang rawan sendi yang tak terlalu luas, mengangkat dan mendiagnosa penyakit sulit dideteksi dengan pemeriksaan radiologi.

Pada usia ini perlu diwaspadai adanya nyeri karena kelainan di luar lutut, misalnya akibat otot paha lemah, cedera ligament lutut sebelah dalam,  biasanya penderita mengeluh nyeri terutama dari posisi jongkok ke berdiri, naik tangga atau hampir jatuh secara tiba-tiba karena lutut terasa tak bertenaga, dengan bimbingan yang baik kelainan ini juga mudah diatasi.

Penyebab luar lain adalah kelainan di sendi panggul atau juga gangguan di tulang belakang (HNP) yang bisa menekan atau menjepit syaraf disekitar lutut, tentunya memerlukan penanganan lebih kompleks.

Penyebab lain kelebihan berat badan dan kurang olahraga. Oleh karena itu dianjurkan olahraga secara teratur. Makan seimbang dapat mencegah terjadi penyakit karena asam urat.

Orang dewasa muda sering ditemui ”habitual patellar dislocation” yaitu tempurung lutut mudah terlepas pada gerakan tertentu, hal ini dapat diatasi dengan penguatan otot.

Orang usia diatas 45 tahun mulai terjadi penyakit degeneratif di lutut karena rusak tulang rawan sendi yang disebut stadium awal. Pasien mengeluh kaku sendi di pagi hari lama-lama disertai rasa nyeri di lutut terutama bila jongkok berdiri atau naik tangga dan diakhiri dengan nyeri permanen. Gerakan sendi sangat terbatas kadang memaksa penderita untuk tidak berjalan lagi walau kondisi tubuh masih sehat.

Kelainan ini dikenal dengan pengapuran walau istilah ini sebetulnya kurang tepat karena kenyataanya tidak terjadi penumpukan kapur di sendi.

Mitos bahwa minum susu atau kalsium akan menambah berat tidak tepat, bahkan kalsium perlu dikonsumsi secara teratur untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis tidak menimbulkan nyeri lutut sehingga nyeri lutut tidak bisa diatasi dengan kalsium.

Penyebab arthritis digolongkan dalam dua kelompok besar yaitu primer karena aus atau gugus tulang rawan sendi akibat pemakaian, seperti ban menjadi tipis setelah menempuh jarak ribuan kilometer

Penyebab lain seperti cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki terlalu O atau X, penyakit rematik dan asam urat, infeksi dan lain-lain.

Tindakan Awal
Baik primer maupun sekunder kerusakan terjadi sama yaitu rusak permukaan rawan sendi, pada stadium awal pengobatan dan pencegahan dapat berupa obat-obatan, suntik sendi, fisioterapi, olah raga low impact dan arthroscopy surgery.

Tindakan Lanjutan
Pada stadium lebih lanjut diperlukan tindakan pembedahan lebih kompleks yaitu operasi pelapisan permukaan sendi dengan sendi buatan. Dikenal  dengan istilah arthroplasty atau total knee replacement, tindakan ini bisa menuntaskan rasa kaku, nyeri, hambatan gerak dan meluruskan tulang lutut yang sudah bengkok.

Untuk diketahui nyeri lutut pada anak juga dapat terjadi walau mereka atau orang tua kadang tidak mengenalinya.


source:mitrakeluarga.com

0 Response to "Gejala Penyebab Nyeri Lutut Orang Dewasa"

Poskan Komentar